Rabu, 18 Agustus 2010

TIPS MEMBANTU BAWAHAN AGAR BEKERJA BAIK

Sebagai atasan, anda disarankan untuk selalu membantu bawahan agar dapat bekerja dengan baik. Secara logis, bila pekerjaan bawahan baik, maka anda pun menikmati hasil yang baik pula. Selain itu bawahan juga sangat menghendaki pekerjaannya berlangsung dan dinilai baik. Berikut ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk membantu bawahan bekerja dengan baik. Ingat menolong bawahan, pada akhirnya akan menolong diri anda sendiri. Memajukan bawahan, juga akan menaikkan karier anda sendiri.

1--Jelaskan tanggung jawab dan hasil yang diharapkan dari bawahan anda.

Bawahan harus mengerti secara jelas apa yang menjadi tanggung jawab serta peran mereka dalam departemen anda. Beritahu juga hasil dan kualitas yang anda harapkan dari kerja mereka. Tunjukkan bagian-bagian penting dari pekerjaan itu. Dengan demikian bawahan tahu batas-batas mana yang boleh serta mana yang harus mereka kerjakan.

2--Beri pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keinginan mereka.

Tugas anda adalah mengenali bakat, minat, serta kemampuan bawahan. Bawahan akan bekerja sangat baik bila anda memberika pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Ini adalah prinsip utama agar anda mendapatkan kesediaan untuk bekerja sama dari bawahan anda.

3--Tunjukkan tujuan dan rencana-rencana anda.

Tujuan akan menumbuhkan harapan dan kemauan untuk berjuang. Sedangkan rencana menunjukkan bahwa anda bersungguh-sungguh ingin mencapai tujuan tersebut. Ini sekaligus memberikan tantangan yang jelas pada bawahan.

4--Beri kebebasan untuk mereka mengembangkan kemampuannya.

Beri kebebasa pada bawahan untuk menunjukkan kemampuannya. Namun, pada saat yang sama buatlah syarat dan ketentuan yang baik. Jangan lepaskan kendali. Anda tetap harus menyusun aturan-aturan yang cukup namun tidak mengekang dan sewenang-wenang.

5--Dukung ide-ide mereka dan beri kesempatan untuk mewujudkannya.

Adalah konsekuensi logis atas kebebasan dan tanggunga yang anda berikan, bila kemudian bawahan menyampaikan ide-ide. Dukunglah ide-ide mereka, terutama ide-ide yang bisa diterapkan dan sejalan dengan tujuan serta rencana yang telah disepakati, lalu beri kesempatan bagi mereka untuk mewujudkannya.

6--Beri informasi dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Bantulah bawahan anda dengan senantiasa memberikan informasi-informasi yang mereka butuhkan, baik demi pelaksanaan tugas-tugas, maupun wawasan mereka terhadap pekerjaan secara keseluruhan. Sediakan pula perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan untuk bekerja baik. Jangan sampai bawahan anda mengelak dengan alasan peralatan yang tidak memadai.

7--Mintalah laporan secara berkala.

Meminta laporan adalah pertanda anda menaruh perhatian sekaligus kendali akan pekerjaan bawahan anda. Anda pun bisa menilai pekerjaan bawahan anda dari laporan yang anda terima. Dengan demikian anda pun bisa memberikan umpan balik serta memastikan bahwa tujuan serta rencana anda tetap berjalan dengan baik.

8--Periksa kemajuan kegiatan kerja mereka dan beri umpan balik.

Sesekali waktu adakan pertemuan untuk bersama-sama memeriksa kemajuan kerja. Anda dan bawahan tidak bisa terus-menerus bekerja tanpa berhenti sejenak melihat hasil kerja anda secara obyektif. Beri umpan balik yang mereka sangat butuhkan untuk menilai diri mereka sendiri. Doronglah bawahan anda untuk tetap fokus pada tujuan semula.

9--Jadikan ini sebagai sebuah proses pendidikan.

Jadikan seluruh proses ini sebagai bagian dari tugas anda dalam mendidik bawahan anda. Atasan bukan sekedar bos, melainkan pemimpin sekaligus guru yang membimbing bawahan untuk maju. Adalah sebuah penghargaan bila bawahan anda menjadikan anda sebagai pembimbing dan pendidik mereka.

10--Kembangkan kemampuan komunikasi persuasif anda.

Pada diri anda sendiri, anda seharusnya mampu mengembangkan kemampuan komunikasi persuasif anda. Tujuannya adalah agar anda mampu menarik simpati bawahan. Dengan demikain bawahan bisa cepat tanggap dan bertindak sekaligus merasa berada dalam satu tim yang baik.

11--Bertindaklah adil.

Jangan pilih kasih. Perlakukan bawahan sebagaimana mestinya. Perlakuan yang tidak adil mudah sekali melemahkan semangat orang-orang dan merusak apa yang sudah dibangun dengan susah payah. Lindungilah hak-hak bawahan. Jangan selalu menekankan pada tanggung jawab dan kewajiban.

12--Jangan campuri kehidupan pribadi mereka.

Bukan berarti anda acuh dengan keadaan bawahan, namun jangan sampai anda masuk dalam persoalan-persoalan pribadi mereka tanpa mereka kehendaki. Beri perhatian secukupnya, namun jangan campuri urusan dalam negeri mereka. Mereka lebih tahu bagaimana cara mengatasinya.

13--Jagalah keselamatan kerja bawahan.

Jangan lupa, keselamatan sama pentingnya dengan produktivitas dan kualitas kerja. Keselamatan adalah bagian dari kesejahteraan. Karena itu, upayakan untuk selalu menjaga keselamatan bawahan. Dan, ini adalah bentuk lain dari perhatian yang sangat menarik simpati orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar