Senin, 16 November 2009

KERJA SAMBIL KULIAH

Tanya: Ada masalah yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya membagi waktu yang paling baik antara urusan kantor dengan pendidikan. Soalnya selain bekerja saya juga masih nyambi kuliah malam, kadang-kadang saya suka pesimis, bisa berhasil enggak nyelesaiin pendidikan. Tolongin dong, gimana caranya agar saya sukses di pekerjaan sama urusan kantor? (Pj)

Jawab: Senang sekali bisa berkenalan dengan anda yang bekerja dan sembari kuliah (atau kuliah sembari kerja?). Pertama, mbok jangan pesimis lha. Tetaplah optimis, percaya, dan penuh tekad untuk menyelesaikan kuliah dengan baik dan mengerjakan tugas-tugas kerja dengan baik pula. Itu kunci paling utama. Bila anda mulai pesimis, maka semangat anda akan luntur. Bila semangat sudah merosot, bukan hanya kuliah yang berantakan, tetapi kerja pun akan terbengkalai. Kedua, bersiap-siaplah untuk "hidup penuh penderitaan", ceile! Ada harus mau berkorban. Tidak ada banyak waktu untuk berleha-leha. Kurangi kenikmatan-kenikmatan, tetaplah teguh untuk melaksanakan keduanya dengan baik. Toh, anda hanya perlu beberapa tahun saja untuk menyelesaikan
kuliah bukan? Malah semestinya anda bersyukur masih mempunyai kesempatan kuliah dan bekerja. Dan, kesempatan ini harus dipenuhi sebaik-baiknya. Tetaplah berpandangan positif mengenai tujuan dari pilihan anda ini.

Ketiga, persiapkan kondisi fisik anda dengan baik. Cukupkan istirahat anda, konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, bugarkan tubuh dan pikiran anda. Keempat, atur waktu dengan baik. Selesaikan pekerjaan kantor di kantor. Jangan biarkan anda menunda pekerjaan karena itu akan menyulitkan anda keesokan harinya. Tuntaskan pekerjaan hari ini di hari ini. Demikian pula, dengan tugas-tugas kuliah anda, segera selesaikan seusai jam kuliah. Bila perlu gunakan waktu libur anda untuk menunaikan tugas-tugas kuliah. Jangan tergoda untuk menghabiskan setiap waktu libur dengan "rekreasi".
Ingat, anda khan sudah bertekad untuk "hidup sengsara"? Tetapi sekali-kali menyegarkan pikiran boleh lah.

Keempat, mintalah bantuan dari orang lain. Paling utama, mintalah doa restu dari orang tua agar mereka senantiasa memberikan dorongan moril untuk menguatkan diri anda. Minta bantuan dan pengertian dari atasan serta rekan-rekan kerja anda. Adakalanya anda perlu waktu untuk mempersiapkan ujian, menyelesaikan tugas, dan lain sebagainya, maka mintalah tolong dari rekan sekerja anda, atau delegasikan dengan baik. Berbaik-baiklah dengan rekan kerja anda. Sebaliknya, bila waktu kuliah anda luang, jangan segan untuk bekerja lembur untuk mengejar ketinggalan kerja anda. Terakhir, jangan lupa banyak-banyak berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Mohon kekuatan dan dimudahkan setiap urusan. Tenangkan diri anda dalam doa anda. Selamat
bekerja dan kuliah. Bila anda berminat berkenalan dengan beberapa rekan yang juga sedang/pernah mengalami hal seperti anda, anda bisa kami perkenalkan dengan beberapa rekan kami. Mereka ada yang bekerja sebagai staff, pimpinan bagian, bahkan pimpinan perusahaan. Jangan mau kalah dengan rekan-rekan kami yang tak sedikit yang sudah berumur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar