Kamis, 21 Januari 2010

HARGAI DAN HORMATI BOS ANDA

John R. Brinkerhoff

Salah satu cara untuk melangkah maju adalah menghargai dan menghormati bos.

Ada yang mengatakan bahwa anda akan merasakan senang dan bahagia bila bos anda juga demikian. Namun, sayangnya hal ini tidak selalu benar karena bergantung pada kebaikan bos. Malahan, percuma saja membuat bos-bos tertentu menjadi senang. Mereka mengharapkan anda berbuat baik dan membuat mereka senang karena dianggap sudah seharusnya anda berbuat demikian. Meskipun anda sudah bekerja secara baik dan mengangkat nama bos, mungkin anda tidak akan diberi ucapan terima kasih dan prestasi anda tak disebut-sebut. Namun, akan sangat berbahaya bila anda memusuhi bos yang demikian, meski anda tidak sengaja melakukannya. Padahal sangat sulit menghindari tindakan bodoh yang mencerminkan permusuhan pada bos.

Bila anda mempunyai bos yang lumayan baik, akan sangat bermanfaat bila anda membuatnya senang. Misalnya, anda akan mengarahkan atau menuliskan pidatonya di hadapan karyawan yang membuatnya seolah-olah tampok sebagai seorang pembicara ulung. Bahkan, anda dapat memujinya secara diam-diam. Hal-hal semacam ini membuat bos jadi senang. Dan, sebaliknya mereka akan membuat anda merasa senang juga.

Hampir setiap orang di kantor tahu siapa dan apa yang dikerjakan oleh orang lain. Mereka juga tahu siapa yang tidak melakukan apa-apa. Terutama, mereka tahu siapa yang benar-benar bekerja keras di kantor. Bahkan, orang-orang yang hanya ikut-ikutan bekerja pun mudah dikenali. Bila bos mulai merasa benar-benar senang, bahagian, dan puas sekali; tidak lama kemudian anda akan ditonjolkan sebagai penyebabnya. Hal ini akan meningkatkan posisi anda di antara rekan-rekan sejawat dan merupakan peluang bagus untuk maju. Ini juga akan mengangkat nama baik anda sebagai orang yang tidak memikirkan kepentingan sendiri, dalam arti anda telah berusaha sekuat tenaga membuat
bos jadi bahagia. Apa yang anda lakukan bukan untuk mengangkat diri sendiri,
melainkan demi kecintaan anda kepada bos. Tindakan ini tidak akan terlupakan begitu saja, namun akan terbawa dalam suasana baik yang ditimbulkan oleh pekerjaan-pekerjaan anda.

Apabila semua ini berhasil seperti yang diharapkan, bos tidak hanya akan merasa senang, tetapi juga akan membuatnya berterima kasih. Anda mungkin akan diberi imbalan berupa kenaikan gaji, promosi, bonus, dan mungkin juga perjalanan yang menyenangkan.

(101 Commonsense Rules, John R. Brinkerhoff)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar