Senin, 27 Juli 2009

DIREKTUR YANG TERLAMBAT MEMBERIKAN LAPORAN

Tanya: Saya bekerja di bagian accounting yang setiap bulan harus menyusun laporan manajemen. Dalam menyusun laporan ini saya membutuhkan data dan laporan dari bagian lain. Sebenarnya semua pimpinan divisi selalu membantu saya, namun ada satu direktur (sebut saja direktur x) yang selalu terlambat memberikan laporannya pada saya. Beliau ini hampir pasti terlambat memberikan laporan manajemennya. Ini membuat saya keteteran dan menyusun laporan secara keseluruhan. Saya sudah mengadukan hal ini pada atasan saya (direktur administrasi), tetapi agaknya direktur x ini sangat ditakuti sehingga atasan saya pun tak bisa banyak berbuat untuk memaksanya. Bagaimana
saya bisa mengatasi persoalan ini? Kalau atasan saya yang direktur itu pun tak bisa melakukannya, apalagi saya. (Sba)

Jawab: Hm, anda perlu memandang persoalan ini dengan kepala yang lebih dingin. Coba pelajari apakah masalah keterlambatan ini dikarenakan memang laporan dari direktur x itu tidak mudah disusun? Atau memang beliau sedang pamer kekuasaan saja?

Bila keterlambatan itu disebabkan oleh masalah penyusunan yang rumit, maka yang bisa anda lakukan adalah memberikan sumbang pemikiran untuk membantu menyelesaikannya. Mungkin saja para bawahan dari direktur x itu tidak cukup cakap dalam menyusun laporan itu. Atau mereka perlu waktu untuk mengumpulkan data-data untuk laporan itu dari bagian lain. Dalam hal ini, anda dituntut berbesar hati untuk memahami dan membantu mereka memecahkan persoalan ini. Tak perlu ungkapkan persoalan itu pada banyak orang, cukup bekerjalah bersama-sama dengan staff direktur x itu. Maka keluhan anda pun berubah menjadi kerja sama yang manis.

Bila anda menemukan bahwa sebenarnya laporan itu cukup mudah dibuat, namun penyelesaiannya berada di tangan direktur x, coba dekati bawahan dari direktur x itu dan mintalah data-data mentah dari mereka. Lalu anda olah dan susun sendiri data itu menjadi laporan sebagaimana anda kehendaki. Pasti ada sumber informasi lain selain direktur itu. Kunci utamanya, anda harus mempunyai hubungan baik dengan orang-orang direktur x. Bicarakan dengan atasan anda bila anda diperbolehkan membantu menyusun laporan itu berdasarkan data-data dari bawahan direktur x. Ini akan memudahkan kejra
direktur x, dan tentu tak ada alasan untuk menolak orang yang ingin membantu.

Sulitnya, bila ternyata direktur x adalah orang yang sedang memamerkan kekuasaannya. Tak banyak yang bisa anda lakukan selain memaparkan fakta-fakta pada atasan anda. Jangan hanya mengeluh, tetapi tunjukkan permasalahan dan pemecahannya. Bersikaplah realitis. Tunjukkan sikap membantu. Bersedialah untuk mengerahkan tambahan tenaga dan pikiran. Mudah-mudahan hasilnya memadai.
Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar