Rabu, 28 April 2010

APA YANG DIJUAL OLEH MCDONALD'S

Smiley:

Pada tahun 1974, Ray Kroc, pendiri McDonald's, diminta bebricara di depan kelas MBA di University of Texas, di Austin. Ceramah itu sangat luar biasa dan memberikan inspirasi bagi para pendengarnya. Seusai ceramah para murid menawari Ray untuk bergabung bersama mereka di tempat mereka biasa mangkal untuk minum-minum. Ray menerima tawaran itu dengan senang hati.

Setelah masing-masing mendapatkan sebotol minuman, Ray mengajukan pertanyaan, "Tahukah kalian bisnis apa yang sesungguhnya saya geluti?"

Semua orang tertawa mendengar pertanyaan itu. Para mahasiswa itu mengira Ray hanya bergurau. Karena tak seorang pun mau menjawabnya, Ray kembali bertanya, "Menurut kalian, sebenarnya saya ini berbisnis apa?"

Para mahasiswa itu tertawa lagi. Akhirnya salah seorang dari mereka yang pemberani berteriak, "Ray, orang mana di dunia ini yang tidak tahu bahwa anda berbisnis hamburger?"

Ray tertawa kecil. Katanya,"Saya sudah menduga bahwa kalian akan mengatakan hal itu." Dia terdiam sejenak lalu berkata dengan cepat, "Saudara-saudari sekalian, sebenarnya saya tidak berbisnis hamburger. Bisnis saya adalah real estate."

Lalu Ray dengan panjang lebar menjelaskan bahwa memang benar fokus bisnis Ray adalah menjual waralaba hamburger. Namun, dia meyakinkan bahwa faktor paling signifikan dalam keberhasilan bisnisnya adalah real estate dan lokasi. Pada dasarnya orang yang membeli waralaba juga membayar atau membeli tanah di bawah waralaba untuk perusahaan Ray Kroc. Perhatikan, sekarang ini McDonald's adalah pemilik tunggal real estate yang terbesar di dunia. McDonald's kini memiliki beberapa perempatan dan sudut jalan paling berharga di Amerika, dan juga di bagian-bagian lain di dunia.

Smiley...! Terkadang apa yang paling laku terjual bukan sesuatu yang paling berharga. Ray Kroc sangat cerdik mampu melihat apa yang tak kalah berharga ketimbang rahasia bumbu hamburgernya.

(Dari buku Rich Dad, Poor Dad. Karya Robert T. Kiyosaki.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar