Senin, 13 April 2009

MENANYAKAN KONFIRMASI VIA EMAIL

Tanya: Sopankah menanyakan konfirmasi lebih lanjut surat lamaran (via email) untuk mengetahui kepastian diterima atau tidak? (Ad)

Jawab: Di saat anda melakukan wawancara dengan pihak perusahaan, sebaiknya anda tanyakan apakah perusahaan bersedia memberikan konfirmasi mengenai status proses rekruitmen anda. Tanyakan pula, dengan media apa perusahaan akan mengirimkan konfirmasi. Apakah melalui telepon, surat, email, dan lain sebagainya. Pada umumnya mereka menggunakan media surat. Lebih lanjut, anda bisa menanyakan apakah perusahaan tidak keberatan bila anda menghubungi mereka untuk mendapatkan kepastian proses rekruitmen anda. Beri waktu secukupnya bagi perusahaan untuk menyelesaikan seluruh proses rekruitmen mereka. Jelaskan bahwa tujuan anda meminta konfirmasi tersebut adalah agar anda bisa menyusun rencana yang lebih baik. Bila hal ini disepakati, maka
anda bisa menghubungi mereka dengan baik. Yang perlu anda sadari, bila anda meminta konfirmasi via email, mungkin anda akan mendapatkan jawaban beberapa hari kemudian. Anda harus bersedia sabar menunggu. Namun, bila anda menghubungi via telepon, jangan enggan memberikan waktu satu hari bagi mereka untuk memeriksa berkas dan anda hubungi kembali.

Namun, bila anda belum pernah melakukan tatap muka, anda boleh mengirim email untuk menanyakan apakah berkas lamaran anda sudah diterima dengan baik. Jangan tanyakan kapan anda akan diwawancari. Bisa-bisa tindakan anda dianggap sebagai sesuatu yang "irritating" oleh pihak perusahaan. Lalu apa yang bisa anda perbuat? Siapkan berkas lamaran yang lebih baik, kirimkan pada perusahaan yang sudah anda seleksi, lalu berdoalah. Serahkan segalanya pada Yang Maha Kuasa untuk menentukan apa yang terbaik bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar